Vertigo adalah salah satu keluhan medis yang sering ditemukan pada banyak orang, dimana orang tersebut merasa pusing hingga dirinya dan sekelilingnya terasa ikut berputar. Saat vertigo terjadi, biasanya penderitanya akan kehilangan keseimbangan tubuh, sehingga tidak mampu untuk sekadar berdiri apalagi berjalan.

Selain itu, penderita yang mengalami vertigo juga akan merasakan sakit pada bagian kepalanya,  pusing, yang juga mengundang mual dan muntah. Vertigo dengan kondisi ringan tidak akan mengganggu aktivitas penderitanya. Berbeda pada vertigo dengan kondisi berat yang memaksa penderitanya untuk melakukan istirahat penuh.

Vertigo biasanya datang secara tiba-tiba tanpa kompromi. Untuk informasi mengenal gejala vertigo yang lebih detail, Anda dapat mengunjungi https://www.guesehat.com/apa-saja-sih-gejala-vertigo-dan-bagaimana-cara-mengatasinya.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi vertigo berdasarkan guesehat.com.

Berhenti dan Atur Napas

Ketika vertigo menyerang, maka sebaiknya Anda menghentikan segala aktivitas sejenak. Lalu, aturlah napas Anda dengan cara tarik dan hembuskan secara perlahan. Hal ini bertujuan untuk melancarkan kembali peredaran darah yang sempat tersumbat menuju otak. Cara mengatasi vertigo ini sebaiknya Anda lakukan selama 10 detik sejak gejala vertigo tersebut muncul.

Jangan Menggelengkan Kepala

Saat diserang oleh gejala vertigo, Anda diharapkan untuk tidak menggelengkan kepala, karena hal tersebut akan dapat menambah rasa sakit. Hal yang sebaiknya dapat Anda lakukan adalah dengan bersandar di tempat yang nyaman, hingga rasa sakit dan pusing yang Anda alami menghilang secara perlahan.

Minum Air Putih Hangat

Jika Anda merasa sudah sedikit nyaman, maka segeralah minum air putih hangat untuk melemaskan kembali otot-otot yang tegang yang disebabkan karena gejala vertigo. Anda juga dapat mengonsumsi minuman jahe, karena jahe memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan dan juga menenangkan.

Hirup Aroma Terapi

Menghirup aroma terapi juga dapat Anda lakukan untuk meredakan gejala vertigo. Aroma terapi dengan wangi citrus akan memberikan sensasi kesegaran dan membantu meredakan rasa mual dan pusing yang Anda rasakan saat vertigo menyerang.

Tidak hanya wangi citrus, Anda juga dapat menggunakan aroma terapi dengan wangi yang lain. Pilihlah wangi aroma terapi yang sesuai dengan keinginan Anda agar Anda dapat menjadi lebih tenang, sehingga pusing yang Anda alami pun berkurang.

Coba terapkan beberapa ips di atas agar gejala vertigo dapat mereda.